Kamis, April 18, 2024
(Judul judul) Ruang iklan kosong - tersedia untuk disewa
BerandaLigaLiga SpanyolXavi Hernandez berhenti sebagai manajer Barcelona pada akhir musim secara mengejutkan -...

Xavi Hernandez berhenti sebagai manajer Barcelona pada akhir musim secara mengejutkan – ‘Tidak ada gunanya bertahan’

Xavi sudah memastikan akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim La Liga ini. Timnya menderita kekalahan 5-3 di tangan Villarreal pada hari Sabtu. “Saya ingin mengumumkan bahwa pada 30 Juni saya tidak lagi menjabat sebagai pelatih Barcelona,” kata mantan pemain internasional Spanyol itu. “Saya memutuskannya beberapa hari lalu, tapi saya pikir ini saatnya. Klub memerlukan perubahan dinamika.”

Xavi mengkonfirmasi segera setelah kekalahan tak terduga timnya dari Villarreal bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai pelatih Barcelona di akhir musim.

Mantan pemain internasional Spanyol itu memasuki pertandingan di bawah tekanan setelah penampilan yang kurang bagus, namun keadaan tampaknya mereda setelah Barca bangkit dari ketertinggalan dua poin untuk memimpin 3-2.

Namun Villarreal membalikkan keadaan, mencetak dua gol di masa tambahan waktu untuk memastikan kemenangan mengejutkan.

Xavi kemudian membuat pengumuman mengejutkan bahwa dia akan meninggalkan klub pada akhir musim.

‘Kami tidak bisa membiarkan hal seperti ini terus berlanjut’ – Xavi mengumumkan dia akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim

“Saya ingin mengumumkan bahwa pada tanggal 30 Juni saya tidak lagi menjabat sebagai pelatih FC Barcelona,” kata legenda klub tersebut. “Saya memutuskannya beberapa hari lalu, tapi saya pikir ini saatnya. Klub memerlukan perubahan dinamika.”

Xavi kemudian menjelaskan keputusannya meninggalkan klub.

“Saya rasa para pemain tidak bisa melepas diri. Saya tidak ingin menjadi masalah bagi klub, namun justru sebaliknya. Sekarang, jika saya memikirkan klub dengan kepala saya, solusi dan yang terbaik adalah untuk saya akan pergi pada bulan Juni, itulah yang saya rasakan.

“Saya pikir keputusan ini akan membantu meringankan suasana tim dan di sini. Saya baru saja memberi tahu presiden [Joan] Laporta sekarang. Kami mengadakan pertemuan dan itu adalah percakapan yang sangat manusiawi, penuh akal sehat. Kepercayaan mereka masih besar. .

“Tetapi saya percaya sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengatakannya. Saya tidak membuat keputusan berdasarkan uang dan kontrak saya tidak akan pernah menjadi masalah. Saya hanya membuat pilihan berdasarkan hati saya. Saya tidak membutuhkan apa pun lagi.”

Xavi menambahkan: “Di Barcelona Anda selalu merasa tidak dihargai, Anda disalahgunakan – begitulah cara klub bekerja. Ini juga sulit dari sudut pandang kesehatan mental.

“Saya orang yang positif tetapi baterainya terus terkuras – pada titik tertentu Anda menyadari tidak ada gunanya tetap tinggal.”

Kekalahan terbaru Barca membuat mereka tertinggal 10 poin dari pemimpin La Liga Real Madrid dan ketiga di belakang Girona, dengan harapan mereka untuk mempertahankan gelar dengan cepat memudar.

Xavi mengancam akan “mengemas tasnya” setelah Barca kalah 4-1 dari Madrid di Piala Super Spanyol dua pekan lalu.

Pria berusia 44 tahun itu mengaku tak segan-segan mundur dari klub yang pernah ia pimpin jika tak lagi merasa para pemainnya mendukungnya.

Barca kalah 4-2 dari Athletic Bilbao di perempat final Copa del Rey pada hari Rabu karena penampilan buruk mereka saat ini.

Xavi ditunjuk sebagai pelatih kepala pada November 2021 menggantikan Ronald Koeman.

Di musim penuh pertamanya sebagai pelatih, ia memimpin Barcelona meraih gelar liga pertama mereka sejak 2019.

Namun di bawah kepemimpinan Xavi, Barcelona tersingkir dari Liga Champions dua kali berturut-turut, dan Liga Europa juga tersingkir di babak perempat final dan babak knockout play-off.

Hanya Lionel Messi (778) yang mencatatkan penampilan lebih banyak sebagai pemain Barcelona dibandingkan Xavi (767).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
(Iklan Sidebar) Ruang Iklan Kosong-Tersedia untuk Disewa

PALING POPULER

Komentar Terbaru