Sabtu, April 13, 2024
(Judul judul) Ruang iklan kosong - tersedia untuk disewa
BerandaNasionalLiga IndonesiaMarquez Lopez Pelatih 'Dadakan' yang memimpin Qatar ke Piala Asia

Marquez Lopez Pelatih ‘Dadakan’ yang memimpin Qatar ke Piala Asia

Max Lopez merupakan pelatih interim yang sukses membawa Qatar menjuarai Piala Asia 2023 hanya dalam waktu dua bulan. Selama karir kepelatihannya, ia juga menjabat sebagai pemimpin Maroon.

Pada 2 Oktober 2024, tim Qatar mengalahkan tim Yordania 3-1 di babak final Stadion Lusail dan menjadi juara Piala Asia 2023. Pada laga tersebut, tiga gol kunci Qatar semuanya diraih lewat hattrick Akram Afif lewat tendangan penalti. Sedangkan Jordan mendapat satu poin lewat gol Yazan Alnaimat.

Qatar sukses mempertahankan gelar Piala Asia mereka. Mereka pun mendominasi Asia pada kompetisi 2019.

Tokoh kunci dalam upaya Qatar menjuarai Piala Asia 2023 adalah pelatih Marquez “Tintin” Lopez. Yang lebih langka lagi, ia hanya punya waktu satu bulan untuk mempersiapkan tim, namun ia tetap mampu memimpin tim Qatar di lapangan.

Ding Ding ditunjuk sebagai pelatih kepala Qatar pada 6 Desember 2023 menggantikan Carlos Queiroz. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Ding Ding diangkat sementara sebelum menjadi pelatih kepala.

Pengunduran diri Queiroz merupakan kejutan karena Piala Asia tinggal sebulan lagi. Tidak ada alasan jelas atas keputusan Qatar dan Queiroz berpisah.

Namun kabarnya hal tersebut terjadi karena taktik bertahan Queiroz yang kurang cocok dengan pemain Qatar. Selain itu, ia juga dinilai kurang memberikan kesempatan bagi para pemain muda Qatar yang ingin terjun ke liga profesional.

Pelatih Spanyol Tintin menjabat sebagai pelatih bangku cadangan di klub Liga Qatar Al Waqra dan sebelumnya bekerja di Akademi Aspire Qatar.

Tidak ada keraguan bahwa hal ini membantu Ding Ding beradaptasi dengan cepat selama melatih tim nasional Qatar. Fakta membuktikan, hanya dengan persiapan satu bulan, ia bisa menjadikan Qatar pilihan utama Piala Asia 2023.

Dia berencana membiarkan Qatar menampilkan sepak bola ofensif dan memberikan kesempatan kepada pemain muda di Piala Asia 2023. Diantaranya, pemain muda yang diandalkan Ding Ding adalah Jasim Gabel yang berusia 21 tahun.

Meski Ding Ding berpeluang menjuarai Piala Asia 2023, masa depannya bersama timnas Qatar masih belum pasti. Sebagai pengganti sementara Quirioz, ternyata ia akan kembali ke Al-Wakla usai Piala Asia 2023.

Marquez Lopez Pelatih ‘Dadakan’ yang memimpin Qatar ke Piala Asia

Situs resmi AFC mengutip komentar Ding Ding: “Saya telah bekerja di Qatar dan mengenal para pemain dengan sangat baik. Sangat lancar bekerja dengan mereka, dan mereka menerapkan ide taktis kami dengan sangat efektif selama pertandingan.”

“Untuk saat ini saya akan kembali bekerja di Al Waqra (Qatar Stars League). Saya belum yakin apa yang akan terjadi selanjutnya, tapi kami akan menghargai momen ini,” jelasnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
(Iklan Sidebar) Ruang Iklan Kosong-Tersedia untuk Disewa

PALING POPULER

Komentar Terbaru